You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Goa Boma
Desa Goa Boma

Kec. Monterado, Kab. Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA GOA BOMA BERSAMA KITA WUJUDKAN PEMBANGUNAN YANG BERKEADILAN ..

PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR PEMERINTAH DESA DAN PENGURUS KELEMBAGAAN DESA (P3PD)

WAHYUDI 12 Oktober 2023 Dibaca 148 Kali

 

TEMATIK PELATIHAN APARATUR DESA ( PAD )

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa (P3PD) yang diikuti seluruh Aparatur Desa se-Indonesia termasuk Aparatur Desa di Kalimantan Barat.

Dalam Pelatihan PAD tersebeut Pengurus Desa Goa Boma, Mengutus Kepala Desa (Amdan, S.Pd), Kaur TU/UMUM (Herlina S.N, S.Pd) , Ibu PKK (IYUL) dan Sekretaris BPD (WAHYUDI, S.AP) Sebagai perwakilan Desa Goa Boma mengikuti pelatihan PAD tersebut bertempat di Hotel Harris Pontianak, Senin-Kamis (09 s/d 12 Oktober 2023).

Foto bersama Pelatih Kegiatan PAD Bpd.Drs Amdan Salafuddin dan Ibu.Fika Damayanti, S.IP Foto bersama Pelatih Kegiatan PAD Bpd.Drs Ahmad Salafuddin dan Ibu.Fika Damayanti, S.IP

 

Dalam kesempatan tersebut, Utusan Pemerintah Desa Goa Boma, mengapresiasi serta mengucapkan banyak terimakasih kepada para pihak penyelengara, baik kepada Bpk. Drs. Ahmad Salafuddin dan Ibu. Fika Damayanti, S.IP ( Sebagai Pelatih ) beserta Narasumber Kepemimpinan Bpk. AKBP Ayun Kuswanaji,A.Md dan Narasumber Kewirausahaan Bpk. Miftahu Asrofu Syukroni yang bersedia untuk memberikan pengetahuan dalam pelatihan ini, sehingga dapat menyerap materi dengan baik dan semoga dapat kami implementasikan sesuai tupoksi kami masing-masing.

"Saya Pribadi mengharapkan, Seluruh Peserta terutama Aparatur Desa Goa Boma dapat menyerap ilmu yang diajarkan oleh para Narasumber sehingga pelatihan ini dapat menambah kapasitas Pengetahuan serta menguasai dalam mengelola manajemen Pemerintah Desa," 

mampu menjalankan tupoksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jangan sampai pekerjaan aparatur desa tersebut menyimpang dari apa yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

"Setelah mengikuti pelatihan ini, saya berharap Aparatur Desa mampu membuat Perencanaan Pembangunan Desa dengan baik. Sejalan dengan peraturan ,perundang - undangan yang berlaku".

"Kita harus menyamakan derap langkah antara Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota bahkan hingga di pemerintahan Desa. Sehingga isu-isu dan persoalan Kalimantan Barat dapat kita selesaikan secara bersama-sama dan berjenjang sesuai dengan kewenangan masing-masing," 

"Seluruh aparatur Desa harus memiliki jiwa entrepreneur atau kewirausahaan dalam membuat Perencanaan Pembangunan di Desa".

"Hal ini dibutuhkan agar Bapak Ibu Kepala Desa mengerti bagaimana membuat Peraturan Desa yang baik serta menggali potensi yang ada di Desa sehingga dapat dikemas dan dikelola dengan baik," tutur Bpk. Timpal Harisson.

Sementara itu, melalui Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan P3PD ini, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus berupaya meningkatkan kapasitas Pemerintahan Desa.

Program ini merupakan kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Bank Dunia (World Bank).

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro mengatakan, kegiatan Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa melalui program P3PD ini, merupakan upaya Kemendagri mewujudkan peningkatan produktivitas dan daya saing bangsa.

Ini merupakan salah satu arah kebijakan umum pembangunan dan prioritas nasional pemerintahan Presiden Ir. H. Joko Widodo, dalam peningkatan Sumber Daya Manusia yang unggul sebagaimana amanat RPJMN 2022.

”Secara bertahap, upaya Pengembangan Kapasitas Pemerintahan Desa melalui pembinaan dan pengawasan akan terus dilakukan dan dikembangkan baik secara kuantitas maupun kualitas,” kata Eko Prasetyanto Purnomo Putro yang hadir secara daring.

Menurut Eko, urgensi kegiatan ini sangat strategis dalam mengantarkan pelatih pemerintahan Desa hingga dapat meningkatkan kompetensinya.

"Dengan demikian, Peserta dalam Pelatihan Aparatur Desa mampu memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada setiap pemangku kepentingan, terutama dalam pengembangan kapasitas aparatur Desa.  sehingga mendapatkan manfaat yang besar sebagai kontribusi aktif dalam mewujudkan kemajuan Desa Indonesia, terutama di Desa Goa Boma” 

Oleh: ( Wahyudi, S.AP )

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2024 Pelaksanaan

Pendapatan Desa
Rp 0,00 Rp 1.931.343.100,00
0%

APBDes 2024 Pendapatan

Dana Desa
Rp 0,00 Rp 1.234.852.000,00
0%
Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi Desa
Rp 0,00 Rp 29.364.400,00
0%
Alokasi Dana Desa
Rp 0,00 Rp 646.666.700,00
0%
Bantuan Keuangan Kabupaten/kota Desa
Rp 0,00 Rp 20.160.000,00
0%
Bunga Bank Desa
Rp 0,00 Rp 300.000,00
0%

APBDes 2024 Pembelanjaan